Selasa, 25 November 2014

Menanamkan Kebersihan Sejak Dini

Kebersihan merupakan sebagian dari iman. Itula yang sering di ajarkan pada anak- anak , sebagi salah satu langkah untuk memperkenalkan kepada anak- anak betapa pentingnya hidup bersih itu. Kebersihan merupakan sumber yang paling utama yang berpengaruh pada kesehatan tubuh kita. Banyak dari kita yang tidak menyadari betapa pentingnya hidup sehat itu. Selain itu, sekarang ini jaman yang sudah berubah dengan jaman dulu. Banyak terjadinya pencemaran lingkungan dimana- mana, hal ini juga berpengaruh besar terhadap kesehatan kita.

Sebagai orang tua tentu sudah menjadi kewajibannya untuk mendidik anak- anak mereka. Salah satu cara untuk menanamkan betapa pentingnya kebersihan itu adalah dengan memberi contoh pada anak- anak kita. Ajarkan lah contoh pada anak- anak kita untuk selalu menjaga kebersihan, misalnya hal yang paling mudah yaitu menjaga kebersihan kamarnya. Ketika sang anak sudah selesai bermain, ajarkanlah untuk selalu membereskan mainan nya, dan simpan pada tempatnya lagi, begitu pula  tempat tidurnya, menata bantal dan guling serta selimutnya, begitu juga dengan boneka- boneka nya.

Kebersihan itu haruslah di tanamkan pada anak- anak sedini mungkin. Semakin dini usia anak, maka anak akan semakin terbiasa untuk menjaga kebersihan sampai dia remaja nanti. Selain kebersihan kamar tidurnya, maka kebersihan tubuh pun harus di ajarkan pada anak. Banyak anak- anak yang sulit ketika di suruh untuk mandi, dengan berbagai alasan. Ajarkan juga pada anak untuk rajin mandi, demi menjaga kebersihan tubuhnya, tubuh yang bersih itu menyehatkan dan yang pasti jauh dari kuman- kuman penyakit.

Selain itu kebersihan saat hendak makan pun harus di ajarkan pada anak- anak. Biasakanlah untuk selalu mencuci tangannya saat hendak makan, banyak anak- anak yang melupakan hal ini. Padahal banyak kuman yang menempel pada tangannya ketika dia sedang bermain, maka di berikan contoh dari orang tua nya untuk membiasakan anak kita mencuci tangan jika hendak mengambil makanan. Kebersihan itu penting adanya, ketika anak beranjak dewasa, maka kebiasaan untuk menjaga kebersihan yang sudah di tanamkan sejak dini itu berpengaruh besar terhadap kehidupannya, dia akan selalu teringat bahwa menjaga kebersihan itu menjadi nomor satu bagi kesehatan tubuhnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar