Senin, 24 November 2014

Mengatasi Masalah Emosi Pada Remaja

Remaja merupakan masa dimana seorang anak mengalami pertumbuhan menuju dewasa. Dalam masa ini para remaja cenderung labil dalam tindakan maupun emosi mereka. Mereka sulit untuk mengendalikan emosi dari pikiran dan keinginan mereka. Pergaulan adalah salah satu yang paling berpengaruh pada anak- anak remaja. Dalam pergaulan remaja, tak sedikit remaja yang mengalami masalah dengan teman- temannya. Masalah yang di alami oleh para remaja merupakan hal yang harus di ketahui oleh orang tua mereka. Banyak anak remaja yang terus memendam masalahnya sehingga dia malah terjerumus ke dalam hal- hal yang tidak baik.


Remaja juga mengalami perubahan emosi. Mereka cenderung gampang tersinggung dan marah, terutama untuk remaja perempuan. Mereka selalu ingin di perhatikan oleh siapapun. Memang tidak semua remaja sepert ini, namun ada beberapa yang malah menjadi perhatian banyak orang. Seorang remaja tentu harus bisa bersikap layaknya seorang yang bersikap menuju kedewasaan, memang hal yang tidak mudah, namun cara ini sangat di butuhkan agar para remaja itu tidak salah dalam membuat keputusan.

Masalah yang sering terjadi di antara para remaja kebanyakan adalah dengan teman sepergaulan mereka. Misalnya di sekolah dengan teman sekelasnya, ada beberapa anak yang terlihat lebih menonjol dalam hal pelajaran, anak yang lebih berprestasi tentu menarik perhatian para guru, hal ini bisa menimbulkan iri hati bagi teman- temannya yang tidak mau menerimanya. Hal ini lah yang dapat menimbulkan masalah dalam kehidupan mereka. Iri hati memang mudah masuk untuk para remaja yang sedang mengalami masa- masa labil, dalam hal ini peran orang tua sangat penting. Terkadang saat orang tua luput perhatiannya terhadap anak remaja mereka, anak mereka malah bergaul dengan teman- teman yang malah menjadikannya remaja yang tidak baik. Kurangnya perhatian orang tua juga membuat sang anak menjadi merasa jauh dari orang tuanya, maka saat ini  lah dia mencari perhatian kepada orang lain. Maka sebagai orang tua sudah menjadi kewajiban untuk terus memperhatikan anak- anak kita.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar