Senin, 27 Oktober 2014

Membiasakan anak mengonsumsi sayuran

Sayuran sangat baik untuk pertumbuhan dan perkembangan anak. Maka dari itu dari kecil anak harus dibiasakan untuk rajin mengonsumsi sayuran. Sayuran seperti bayam , kangkung , wortel semuanya memiliki kandungan vitamin dan nutrisi yang baik untuk tumbuh kembang anak. Kebanyakan masalah yang di alami para orang tua adalah anak nya yang susah untuk makan.

Anak – anak memang sering menyukai makanan yang manis – manis seperti permen, biskuit, coklat, es krim, makanan camilan seperti itu sering membuat anak- anak ketagihan untuk terus memakannya, namun saat anak di suruh untuk makan nasi dan sayuran, kebanyakan mereka sering menolaknya. Hal ini memang banyak terjadi, namun tidak semua anak tidak menyukai sayuran. Sayuran sangat penting untuk pertumbuhan anak, maka dari itu kita sebagai orang tua harus bisa membujuk anak kita dan membiasakannya makan dengan sayuran.

Sayuran itu beragam jenisnya, agar anak menyukainya, kita bisa mengolahnya semaksimal dan seenak mungkin. Sekarang ini banyak resep- resep untuk anak- anak yang susah makan sayuran, maka dari itu, untuk membujuk anak makan sayuran, kita bisa menggunakan cara tersebut. Selain itu, sedari kecil, anak juga  jangan di latih untuk makan makanan yang manis terlalu sering, dan juga jangan memberi makan anak jajanan di luar yang banyak mengandung penguat rasa, pewarna makanan atau pemanis makanan. Itu bisa membuat anak ketagihan memakannya dan akhirnya malah susah untuk makan nasi apalagi sayuran.

Anak yang susah untuk makan sayuran merupakan tantangan untuk kita para orang tua, maka dari itu, kita harus terus berusaha membiasakan anak kita dengan konsumsi sayuran. Tentu kita juga harus memberi contoh kepada anak kita, kita juga harus setiap hari memasak sayuran dan di olah dengan resep yang baru, sehingga anak menjadi suka dan tidak mudah bosan. Seperti sayuran capcay, kita bisa mengolahnya seenak mungkin dan semenarik mungkin, sehingga anak akan mau memakannya dan akhirnya terbiasa untuk mengonsumsi sayuran. Anak akan mendapat pertumbuhan dan perkembangan yang baik jika setiap hari mengonsumsi sayuran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar