Senin, 13 Oktober 2014

Alasan Seseorang Tidak Berminat Menjadi Wirausaha

Mitos yang keliru sering menjadi penghalang dan menghalangi seseorang untuk mengambil keputusan menjadi wirausaha. Banyak alasan cenderung dilontarkan hanya karena ingin menutupi rasa takutnya yang berlebihan. Alasan- alasan ini sering dikeluarkan untuk menghibur diri agar ia dibenarkan oleh alasan tersebut.

Hampir sebagian besar orang ingin menjadi sukses di kemudian hari. Namum ketika diminta memilih, sebagian besar lebih memilih untuk menjadi pekerja yang sukses/ top eksekutif daripada menjadi wirausaha yang sukses. Namun untuk menjadi manager atau direktur juga tidak hanya berbekal pengetahuan umum saja, tetapi juga memerlukan keterampilan yang mendukung untuk membuat pengetahuan anda lebih baik. Salah satu soft skill atau kemampuan mengelola diri yang dibutuhkan adalah kewirausahaan perusahaan dan kewirausahaan organisasi.

Soft skill merupakan pengetahuan dan ketarampilan yang bukan bersifat  menggunakan otot tetapi  lebih menitikberatkan pada otak, hati, dan watak untuk menunjang pekerjaan, sehingga keempat aspek tersebut menyatu menjadi sebuah sinergi yang utuh. Contoh soft skill antara lain :
a.    Kemampuan berkomunikasi
b.    Kecerdasan emosional, percaya diri, pengelolaan emosi dan bersikap positif
c.    Kedisiplinan
d.    Keterampilan presentasi di depan banyak orang
e.    Pantang menyerah



Ada beberapa alasan mengapa seseorang tidak berminat menjadi wirausaha yaitu :
1.    Tidak tahu bagaimana caranya
Anda harus mempelajari dahulu, bisa dari membaca buku, tahu pengetahuannya, tahu trik nya dan tipsnya, tahu prosesnya kemudian belajar strategi kewirausahaan  dan akhirnya mengenal. Bisa dengan mencoba dulu atau ikut pada teman anda. Akhirnya anda mengerti dan termotivasi untuk menjadi wirausaha.

2.    Tidak mempunyai pengalaman
Bagaimana anda bisa memiliki pengalaman bila anda tidak pernah mau mencoba untuk masuk ke dalamnya dan mengetahui lebih dalam lagi. Anda akan mengerti dan akhirnya akan jatuh cinta pada kewirausahaan jika anda mengenalnya dengan baik sebagai ilmu untuk mencari nafkah.

3.    Tidak mempunyai modal
Modal untuk menjadi wirausaha tidak hanya berupa uang, ada modal lain selain uang yang bisa digunakan sebagai modal awal dalam memulai usaha. Modal tersebut antara lain pengetahuan, keterampilan, keahlian, latar belakang pendidikan, jaringan pertemanan, informasi dan peluang.

4.    Tidak punya keberanian
Keberanian itu tidak akan muncul tiba- tiba dan tidak akan pernah datang pada diri anda, tetapi keberanian itu ada saat dibentuk, diciptakan dan dimunculkan secara perlahan- lahan hingga anda menguasainya sehingga timbul keberanian pada diri anda.

5.    Tidak ada yang menuntun
Ketika anda belajar tentu membutuhkan penuntun atau mentor agar anda tidak jatuh terlalu dalam. Dituntun pun tidak selamanya, perlu uji coba dan masa- masa belajar untuk mencoba. Penuntun dapat diperoleh dari berbagai sumber :
a.    Dari mencoba dahulu
b.    Minta bimbingan dari orang yang telah sukses menjadi wirausaha
c.    Belajar dari buku yang ditulis oleh orang yang telah sukses sebagai wirausaha

6.    Takut untuk keluar dari zona nyaman
Rasa nyaman membuat anda terjebak dan tidak mau berubah serta tidak mau bergerak demi kemajuan diri anda. Zona nyaman dapat menyebabkan kemunduran dan kerugian bagi diri anda serta dijadikan alasan untuk tidak mau berwirausaha.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar