Senin, 27 Oktober 2014

Mengajarkan Anak Untuk Membersihkan Kamarnya

Anak- anak yang sudah mulai memasuki usia 10 tahun biasanya banyak orang tua yang mulai mengajarkan kedisiplinan bagi mereka. Salah satunya adalah membiasakan sang anak untuk membereskan kamar tidurnya. Sejak dulu orang tua kita pasti sudah mengajarkan kita sejak kecil tentang merapikan dan membereskan kamar tidur kita sendiri. Di jaman sekarang banyak anak yang malas untuk membereskan kamar tidurnya, biasanya anak- anak malah akan langsung bermain tanpa menghiraukan kamarnya yang berantakan.

Untuk menjadi remaja yang disiplin dan bertanggung jawab, kita harus mendidik anak- anak kita sedari dini dengan mengajarkannya untuk membereskan semua barang atau apapun itu yang sudah dia gunakan. Hal ini baik untuk perkembangan anak, jangan biarkan anak untuk terus berperilaku manja, karena hal ini akan berpengaruh pada masa depannya nanti, saat ia tumbuh menjadi remaja dan dewasa.

Sebagai orang tua memang sudah menjadi kewajiban kita untuk mendidik dan melatih anak- anak kita. Biasakanlah pada mereka setelah bangun tidur untuk langsung membereskan kamarnya. Di mulai dari tempat tidurnya, pakaiannya sampai hal- hal kecil lainnya. Dengan dibiasakannya sang anak untuk mengerjakan pekerjaan rumah, mereka secara tidak sadar menjadi lebih disiplin.
Banyak di antaranya juga anak- anak yang bandel dan tidak mau menuruti nasehat orang tua nya. Kita sebagai orang tua harus selalu bersabar menghadapi anak- anak kita. Biasanya anak laki- laki yang sulit di atur, kita bisa memberikan contoh pada anak kita bagaimana caranya untuk merapikan kamar mereka. Lalu ketika mereka mempraktekannya kita bisa membantu dan membimbingnya. Jika mereka merasa kalau bersih- bersih itu menyenangkan, mereka pasti tidak akan ragu- ragu lagi untuk menjadikan hal ini sebagi kebiasaan mereka.

Tentu seiring berjalannya waktu, dia bisa berubah menjadi remaja yang baik, dengan sudah terbiasanya membersihkan pekerjaan rumah sendiri dan juga membersihkan dan merapikan semua barang- barang yang sudah dia pakai. Kedisiplinan memang sangat penting untuk anak, selain di sekolah, anak juga harus diajarkan disiplin dan bertanggung jawab di rumah mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar