Senin, 13 Oktober 2014

Prinsip – Prinsip Kewirausahaan

Seperti anda ketahu bahwa kewirausahaan dapat diterapkan dalam segala hal seperti di sekolah, di kantor ketika bekerja, melakukan kegiatan sehari- hari, memutuskan sesuatu atau ketika menjalankan sebuah unit usaha. Kemampuan berwirausaha itu ada pada diri setiap orang termasuk anda, tetapi yang sering terjadi adalah kemampuan tersebut tidak dimunculkan, dioptimalkan, dan digunakan. Hal itu dikarenakan anda terjebak oleh pola pikir logika yang selalu mengutamakan kenyamanan, bebas dari resiko dan memilih solusi yang pasti sehingga kemampuan berpikir dengan otak kanan atau kreativitas jarang dilakukan.

Kenyataannya semmua kegiatan anda sehari- hari juga memiliki prinsip yang sama dengan pola kerja kewirausahaan. Perinsip kewirausahaan terdiri dari beberapa  unsur penting yaitu sebagai berikut :
1.    Ada tujuan dan mimpi atau arah yang jelas sebagai visi dan misi.
2.    Ada unsur spirit, semangat dan gairah sebagai sumber emosi.
3.    Ada unsur manajerial dalam melaksanakannya baik mengelola risiko, memecahkan masalah atau mengoperasikan suatu usaha.
4.    Ada unsur kendali terhadap kualitas, keuangan, proses dan distribusi.
5.    Ada unsur kreativitas dan inovasi.
6.    Ada unsur pola pikir yang lebih jauh ke depan.
7.    Ada unsur komitmen terhadap tujuan awal sehingga ada kemauan untuk tidak mudah menyerah pada masalah yang sedang terjadi.
8.    Ada unsur improvisasi atau perbaikan dalam prosesnya.
9.    Ada perencanaan konsep, strategi, taktik, program, seperti perencanaan bisnis dan perencanaan kegiatan sehari- hari.


Contohnya kegiatan bepergian ke luar kota secara prinsip hampir sama dengan pola kerja kewirausahaan. Memilih karir dan jalan hidup  sebagai wirausaha adalah seperti memilih suatu keputusan  tentang apa yang akan anda lakukan  di setiap hari, misalnya belajar, mandi, bepergian atau memasak. Hanya yang membedakan hanyalah kompleksitas masalah perencanaan, kendali, dan pekerjaanya. Ingatkan selalu diri anda akan hasil akhir yang akan di capai seperti kendaraan, rumah idaman, atau liburan ke luar negeri.
Hal ini untuk menjaga semangat kewirausahaan tetap menyala. Sesuatu yang penting adalah seberapa lama anda bisa mengoptimalkan semua yang anda punyai dan berapa lama anda bertahan untuk mengejar impian anda tanpa selangkah pun mundur untuk menjadi orang yang tidak dapat dihentikan ( unstopable person).

1 komentar: